BLOGGER BICARA LINGKUNGAN

by - 04.52

Hai semuanyaaa! Apa kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan yang baik ya. Kali ini gue mau nyeritain pengalaman pertama gue ikut acara yang diadain sama @blogdetik. Awalnya gue tahu acara ini dari Tiwi (Teman di Jamban Blogger), dia nge-share informasi kalo BLOGdetik mau ngadain acara gelaran #BloggerBicara. Mereka bekerja sama dengan WWF Indonesia, mengundang 150 blogger untuk diajak berbicara sekaligus menyuarakan “Peduli Lingkungan”. Yang bikin menarik dari acara ini, yang jadi narasumbernya itu adalah 150 yang blogger yang diundang. Nggak hanya itu, ada bintang tamunya juga loh. Ada Melanie Subono, Nugie, Anda Wardhana, Davina dan Titi Rajo Bintang.

Setelah gue baca, kayaknya ini acara menarik banget nih. Pertama, di tanggal itu gue lagi nggak ada planning mau kemana. Kedua, acaranya diadain di Jakarta. Senggaknya masih bisa terjangkau lah jaraknya dengan naik kendaraan umum. Ketiga, tema yang diangkat adalah tentang lingkungan. Ini tema yang gue tunggu-tunggu, karena gue suka dengan berbagai macam hal yang berbau alam. Lalu, gue buru-buru daftar. Soalnya cuma 100 blogger aja yang diundang. Free pula hahaha. Gue ngecek grup whatsapp anak-anak Jamban Blogger Jabodetabek, beberapa orang dari mereka udah dapat balasan email dari blogdetik. Sekitar 5 orangan lah yang dapat undangan. Lalu, gue buru-buru buka email. Wah alhamdulillah banget, ternyata gue juga dapat undangan sama seperti teman-teman gue lainnya. Habis itu kita semua berembuk mikirin gimana caranya agar kita nggak nyasar pas kesana nanti. Setelah kita semua berembuk, akhirnya kita mutusin buat kumpul di Halte Busway Dukuh Atas.
undangan dari blogdetik
Berhubung belum pada tahu tempatnya, yaudah kita bareng-bareng nyari tempatnya. Sempet bingung sih pas lagi nyari tempatnya, soalnya itu cafe ada dibagian belakang Mal Sarinah. Setelah muter-muter, akhirnya kita nemuin Cafe Demang. Lalu kita masuk. Disana ternyata ada Ucup dan Feby juga. Waaah anak jamban blogger banyak yang dateng. Habis itu kita ngisi daftar hadir dulu. Disana udah lumayan banyak yang datang. Setelah dapat tempat duduk, kita mutusin buat nyari mushola dulu soalnya udah masuk waktu Dzuhur. Setelah solat, lalu kita menyantap makan siang. Acara dimulai sekitar jam 13:00. Sebelum acara dimulai, kedua MC acara yaitu Karel Anderson dan Radiyanto menghimbau kita semua untuk menggunakan masker selama acara berlangsung sebagai bentuk keprihatinan sekaligus solidaritas kita kepada warga Riau yang sedang terkena polusi asap.
semuanya memakai masker
Setelah itu para bintang tamu hadir satu persatu dan duduk membaur dengan para blogger yang hadir. Saat sesi diskusi dibuka, para bintang tamu mulai memaparkan pendapat mereka terhadap lingkungan saat ini. Dimulai dari Andha Wardhana.


mas andha
Menurut Andha, dengan menjaga lingkungan dan alam, manusia akan lebih manusiawi.

mba davina
Menurut pendapat Davina, manusia sering lupa dan malah cenderung menyalahkan alam. Padahal alam, sudah banyak memberikan kenikmatan kepada manusia. Untuk mendapatkan lingkungan yang baik, bisa dimulai dengan hal-hal yang terkecil terlebih dahulu seperti mengurangi penggunaan kantong plastik.


mba melanie
Lalu, Melanie Subono berpendapat bahwa Indonesia adalah rumah baginya. Jika ingin menjaga lingkungan, dimulai dari sendiri. Tidak boleh banyak protes jika tidak melakukan apa-apa.


mas nugie
Dan menurut pendapat dari Nugie, kita harus menjaga lingkungan dengan menggunakan hati, jangan hanya dengan menggunakan otak saja. Mas Nugie ini membuktikan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan cara datang ke acara #BloggerBicaraLingkungan ini menggunakan sepeda dari rumahnya.

Selain itu, Pak Dian, seorang blogger asal Jakarta, memaparkan kebiasaannya yang suka menyimpan sampah di dalam tasnya. Jika menemukan tong sampah, ya langsung dibuang. Jika tidak, sampahnya ia simpan kembali di dalam tas. Ada juga seorang blogger yang berasal dari Bandung, Bang Aswi memaparkan kebiasaannya untuk bersepeda dan membuang sampah pada tempatnya sudah menular kepada anak-anaknya. Lalu ada Bang Komarudin, seorang blogger dari Bekasi,  dia memaparkan tentang sampah dihasilkan Kota Jakarta. Sekitar 20 ton dibuang ke sungai, 40 ton lainnya dibuang di Bantar Gebang, Bekasi. Akibat sampah yang sudah menggunung, daerah Tambun, Bekasi sering kali kebanjiran ketika musim hujan tiba. Dan seorang blogger dari Cianjur juga memaparkan pengalamannya yang pernah menanam pohon saat berumur 16 tahun. Sekarang, pohon yang ia tanam sudah tumbuh meninggi seperti pohon-pohon lainnya. Sebelum acara diskusi ditutup, acara dilanjutkan dengan menonton pemutaran video tentang air dari WWF Indonesia. Pak Nyoman Iswarayoga (Director Climate & Energy) berpesan agar kita bisa lebih bijak dalam menggunakan apa pun, seperti penggunaan air, kertas, plastik dan lainnya.

Acara selanjutnya diisi dengan sesi hiburan, musisi Anda Wardhana menghibur para blogger yang hadir  dengan bernyanyi sambil memainkan alat musik Ukulele dan Harmonika sebanyak 3 lagu yang dikarangannya sendiri. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi pembagian hadiah doorprize berupa dua buah gadget dan 10 paket merchandise menarik dari WWF Indonesia. Pemilihan pemenang dilakukan secara undian yang dilakukan dengan cara memasukan kertas bertuliskan nama pribadi dan alamat blog ke dalam toples yang diberi nama-nama hewan seperti Penyu, Orang Hutan, Pinguin, Gajah dan Harimau, Dari 5 toples yang disediakan, dipilih dua toples untuk diambil 10 nama agar bisa mengikuti permainan (games) yang berhadiah doorprize tersebut. 5 nama pertama diajak untuk menirukan suara hewan. Sedangkan 5 orang lainnya diajak memperagakan gerakan hewan.
mas andha pas perform
pas main game
Karena merchandise-nya masih banyak yang sisa, sang MC pun mengadakan permainan lagi. Bagi para blogger yang datang ke acara ini dengan membawa pasangannya akan mendapatkan hadiah. Terpilihlah sepasang kekasih, mereka mendapatkan bantal cinta dan voucher makan di Demang Cafe yang bisa digunakan untuk makan berdua. Keusilan sang MC belum selesai. Si MC menyuruh yang masih “jomblo” untuk naik ke atas panggung. Gue secara nggak sengaja mengacungkan tangan. Dan gue pun dipilih untuk maju ke depan panggung bersama 4 orang wanita jomblo lainnya. Lalu sang MC menyuruh kita untuk bergaya seramah-ramahnya di hadapan para blogger yang hadir. Gue mengeluarkan jurus senyum ramah andalan gue wkwkwk. MC pun memanggil para cowok yang jomblo untuk naik ke atas panggung. Terpilihlah satu orang cowok. Keisengan sang MC pun dimulai. Sang MC memberikan 2 buah bantal cinta, satu tas merchandise dari WWF dan voucher makan di Demang Cafe kepada si cowok yang jomblo itu, dengan syarat ia harus memilih satu diantara lima wanita yang jomblo untuk menikmati voucher makan di Demang Cafe. And you know guys? Ternyata itu cowok milih cewek yang berjilbab hitam. Gue nengok ke kanan dan ke kiri mencari-cari siapa yang memakai jilbab hitam. Eh taunya cuma gue doang yang memakai jilbab warna hitam.
cewek - cewek jomblo
Empat peserta wanita lainnya dipersilahkan untuk turun panggung. Sedangkan gue dan cowok yang jomblo tadi disuruh tetap diatas panggung. Sang MC pun menanyakan nama gue dan nama cowok itu. Nama cowok itu adalah Dimas, sedangkan nama gue adalah Imas. Semua blogger serentak bilang “Cieee namanya samaan, jangan-jangan kalian berdua berjodoh”. Gue pun hanya tertawa dan menahan malu karena diledekin terus sama MC-nya. Sang MC bilang, selama acara berlangsung gue harus duduk disamping Dimas. Para blogger yang lain tiba-tiba menyiapkan dua bangku khusus untuk gue dan Dimas. Wakakakak udah kaya orang lagi resepsi pernikahan aja. Udah gitu voucher makannya harus dinikmatin berdua. Kalo sampe satu pihak doang yang nikmatin, bakalan disumpahin jomblo seumur hidup (parah banget ya?). Lalu gue dan Dimas pun dipersilahkan duduk. Setelah duduk, kita berdua membagi sama rata merchandise dari WWF tadi.
pas lagi diledekin sama mc

merchandise dari wwf

Lalu acara ditutup dengan dibukanya lomba blog #IngatLingkungan yang berhadiah 10 juta. Untuk info lombanya bisa dilihat disini. Lomba berlangsung sampai 31 Maret 2014. Setelah meresmikan dibukanya lomba blog ini, kita semua berfoto bareng dengan para blogger, kru dari blogdetik dan dari WWF.
pas foto rame -rame
NB : Selagi masih muda, perbanyaklah mengikuti berbagai komunitas. Semakin banyak komunitas yang kita ikutin, semakin banyak ilmu pengetahuan yang akan kita dapat.

Sumber Gambar : disini

You May Also Like

20 komentar

  1. Enak banget kak dapet kaos dari WWF. iri deh. huh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue nggak kebagian kaosnya dik, kan merchandisenya harus dibagi dua-_-

      Hapus
  2. gila, mantab banget tuh komunitas

    BalasHapus
  3. Asik banget ini mas. Gak ngajak2 lo. :(
    Btw, mau ciee dulu ah. Cie cie imas. cikiciw. Jadi gak itu makan berduanya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang asik, Nab. Gue kira lo nggak mau ikutan acara kaya gini, makanya gue nggak ngajak - ngajak hahaha

      Duh, malah di cieciein gini-_- Gue kan mau fokus buat sbm dulu wkwkwk

      Hapus
  4. udah makin parah sih emang lingkungan sekarang. kesadarannya kurang.

    ekhm, dapat gebetan baru tuh. ciee. makan berdua, romantis banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, contohnya aja kaya buang sampah pada tempatnya. Masih banyak loh orang yang masih buang sampah sembarangan.

      Kampret lo, Ga. Malah cieciein gue-__-

      Hapus
  5. Jangan biarkan alam rusak, karena rusaknya alam akan mengubahnya menjadi pembunuh berantai paling kreatif yang pernah ada ~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! Kalo kita nggak mulai sekarang, mau mulai kapan lagi? Kita harus sama - sama jaga biar nggak makin rusak alamnya.

      Hapus
  6. Perasaan gue udah komen di sini. Kok ngga ada? TIDAAAAAAAAKKKK!!

    BalasHapus
  7. Manaaaaaa? Lo belom komen kali, Di-___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udaaaahh.. Pokoknya udaaaaah. Ngga mau tahu gueee. *jambak rambut sendiri*

      Hapus
    2. Belooom hih. Belom pokoknyaaa. *bantuin jambak rambut lo*

      Hapus
    3. Untung rambut gue lurus. Tsah.

      Hapus
  8. Bicara lingkungan, bicara sampah pastinya
    Entah kenapa budaya "bungkus, ikat, lempar" masih melekat di negara kita -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali lagi pada kesadaran kita masing - masing. Kalo kita dari kecil udah dibiasain buat buang sampah pada tempatnya, pasti pas di negara kita gak ada budaya "bungkus, ikat, lempar" lagi.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Asik banget acaranya, diundang pula xD Cie yang abis ini cinlok sama Dimas ~ xD

    BalasHapus
  11. Cieeeeeeee... Gue jadi saksi kalo imas dan dimas itu cocok... Selamat... Jd udah makan bedua? Asikkkkkkkkk...selamat D_IMAS cieeew

    BalasHapus

Tak komentar maka tak sayang. Tak sayang maka tak jadian~